Senin, 27 Juni 2011

Manfaat Screen Saver

manfaat screen saver
Kelanjutan dari postingan saya sebelumnya tentang Aquarium Screen Saver, kali ini postingan saya berisi tentang manfaat dari screen saver..

Nah sudah tahu tidak apa manfaat dari screen saver itu?
Berikut ini adalah sedikit penjelasan tentang manfaat atau fungsi dari screen saver

Aktifitas dasar dari layar komputer dan televisi sudah jauh berbeda... di satu sisi televisi selalu menampilkan gambar yang berbeda dalam setiap detiknya bahkan kemampuannya bisa mencapai 25 atau 30 Fps (frame per second) dibandingkan dengan komputer yang layarnya cenderung pasif dalam artian gambar yang di tampilkan jarang berubah-ubah.

Pada dasarnya layar komputer terdiri dari 3 warna utama yaitu Red, Green, Blue. Dapat kita analogikan apabila dalam sekian waktu tidak terjadi kombinasi warna pada layar komputer, hal ini mungkin dapat mengindikasikan timbulnya death pixel.

Nah.. Screensaver di sini berfungsi untuk menambah umur monitor. apabila monitor terus-menerus dibiarkan menyala dengan menampilkan sebuah tampilan yang itu-itu saja maka akan mengurangi umur si monitor tersebut. Itulah mungkin sebabnya kenapa kalau di screensaver-screensaver biasanya terdiri dari sedikitnya 3 warna yang menampilkan warna Red (Merah), Green (Hijau), dan Blue (Biru), karena monitor komputer menggunakan sistem warna RGB (Red Green Blue) maka screensaver biasanya menampilkan warna-warna tersebut secara bergantian ketika sedang menyala yang mungkin fungsinya adalah untuk mencegah agar monitor tersebut tidak cepat rusak.


Write By : Kalvari Mangngesu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Populer