Kamis, 19 Mei 2011

Modifikasi LED Optical Drive

Jika anda memiliki optical drive seperti DVD-ROM, CD-ROM yang sudah tua dan lewat garansi. Tetapi anda masih sayang dan ingin tetap mengunakan, anda dapat membuat optical drive anda tetap menarik dilihat
Umumnya sebuah optical drive dilengkapi dengan LED lampu sederhana untuk indikator ketika drive sedang bekerja.
Ada cara seperti dibawah ini agar drive anda tampil sedikit berbeda. Kebanyakan optical drive mengunakan LED dengan low density atau tingkat sinar rendah yang tidak menarik. Biasanya sebuah optical drive mengunakan LED berwarna hijau, kuning, merah dan lainnya untuk indikator.
Agar tampil menarik anda dapat menganti lampu LED optical drive anda dengan jenis LED high density dan warna yang berbeda. Umumnya LED jenis high density sudah digunakan pada lampu senter atau asesories kendaraan. Tujuannya pengantian LED high density bagi optical drive anda agar lebih menarik dengan menambahkan sinar LED yang lebih terang. LED high density saat ini sangat banyak dijual dipinggir jalan sebagai asesories motor. Atau anda dapat mencari senter buatan China yang mengunakan LED high density tetapi hanya disediakan dengan warna putih.
Perlengkapannya sangat sederhana yaitu, sebuah solder elektronik, sebuah LED high density (terserah warna apa yang anda sukai). Terserah anda apakah anda ingin menganti lampu LED optical drive anda dengan warna biru, putih dan merah, tetapi anda harus memastikan layak tidaknya pengantian LED pada optical drive tua anda.
Dibawah ini adalah tahapan dan cara yang perlu anda analisa sebelum anda menganti LED pada optical drive lama.

Bongkar case Optical Drive anda
Untuk awalnya, anda harus membongkar case dari optical drive anda. Lihat dimana posisi dimana LED ditempatkan. Dan analisa apakah tempat LED dapat diganti dengan mudah

Posisi LED
Posisi pada LED dibawah ini dengan warna hijau tetapi memiliki tingkat density rendah. Lihat ukuran LED tersebut dan carilah ukuran yang cocok dengan jenis LED optical drive anda. Bila anda sulit menemukan ukuran LED yang sama, sedikit lebih besar tidak masalah.
Tetapi yang perlu diperhatikan adalah posisi LED dengan lensa optical atau disebut Pickup drive. Ada baiknya anda melihat apakah terdapat celah dari bagian depan kebelakang drive. Apakah ada kemungkinan lampu sinar dari LED baru akan dapat menerobos masuk kedalam drive sehingga malah menganggu kinerja dari optical drive anda sendiri. Bila analisa anda ternyata kemungkinan LED baru tidak akan menganggu kinerja optical drive anda, baru anda lanjutkan untuk memodifikasi LED optical drive anda. Bila anda perkirakan LED jenis high density nantinya malah akan menganggu kinerja optical drive anda, misalnya terdapat celah dari bagian depan dan dapat menerobos kebagian dalam drive. Sebaiknya anda tidak menganti LED drive anda. Karena tingkat density pada LED high density beberapa kali lebih terang dibandingkan LED standard sebelumnya.

Lihat bagian solder apakah bisa dimodifikasi
Lihat juga bagian solder yang menghubungkan LED pada optical drive anda. Bila anda perkirakan dapat diganti, anda dapat memodifikasi LED pada optical drive. Tetapi bila posisi LED atau bentuk LED berbeda dan sulit dibongkar maka sebaiknya anda memasang kembali case optical drive anda.

Temukan jenis LED yang sama adalah yang terbaik
Setelah anda mendapatkan ukuran LED yang sama ada satu tahapan yang tidak boleh anda lewati. Anda harus melihat kearah mana jarum penunjuk dari LED optical drive lama dan samakan dengan LED baru. Biasanya ditunjukan dengan bagian didalam led seperti arah panah dengan bagian besar sebagai sumbu negatif ( - )
Anda tidak perlu mengunakan multitester, karena arah penunjuk pada LED semuanya sama. Cocokan posisi LED anda yang lama dengan yang baru, dan ukur kira kira berapa panjang kaki yang dibutuhkan. Gunting bagian yang panjang LED baru anda agar sama persis dengan LED lama anda.

Pasangkan LED baru anda pada board optical drive:
Selesai mencocokan anda cukup memasangkan LED high density baru anda kedalam board optical drive. Bila kaki dari LED anda yang baru terlalu panjang, pastikan tidak mengenai komponen elektronik yang berada didalam PCB, atau gunakan tape perekat agar kaki LED anda tidak menyentuh komponen lainnya.

 
Pada gambar diatas adalah hasil setelah memodifikasi warna lampu hijau dari optical drive lama menjadi warna biru terang dengan LED high density. Tampilan optical drive anda akan lebih menarik ketika bekerja diruang yang agak gelap. Dengan tampilan baru maka optical drive anda akan terlihat seperti berbeda dengan optical drive standard lainnya.
Yang perlu diingat ketika membuka case dari optical drive, pastikan anda tidak lupa memasang kembali case anda. Beberapa optical drive terkadang memiliki disain berbeda dan membongkar secara sembarangan akan menyulitkan anda memasang case bahkan bisa saja membuat optical drive anda malah tidak bekerja.
Tip ini diperlukan keahlian khusus, sebaiknya anda sudah mengetahui bagaimana mengunakan solder dan mengenai kutub positif dan negatif dari LED. Ingat resiko modifikasi ada ditangan anda, kami tidak bertanggung jawa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Populer